Ultrasonografi (USG)


Saat ini perkembangan dunia  teknologi berkembang begitu pesat terutama dalam bidang IT (Automatic Technologi). Salah satu bidang yang terkena imbas dari perkembangan IT adalah di bidang kedokteran. Salah satu contoh pemanfaatan IT dibidang kedokteran adalah USG atau Ultrasonography.
          USG atau ultrasonography adalah salah satu alat dalam bidang kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonic, yaitu gelombang suara. USG menghasilkan frekuansi yang sangat tinggi yaitu sekitar 250 kHz – 2000 kHz. Hasil dari USG itu sendiri di tampilkan dalam sebuah layar monitor.
          Pada penggunaan ultrasonic dibidang kedokteran pada mulanya hanya digunakan untuk kepentingan terapi. Kemudian pada tahun 1940 secara luas penerapan ultrasonic bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit. Dalam hal ini pengaplikasian yang di manfaatkan adalah kemampuan gelombang ultrasonic dalam menghancurkan sel-sel atau jaringan berbahaya.
          Teknologi transduser digital sekitar tahun 1990-an memungkinkan adanya sinyal gelombang ultrasonic yang di terima menghasilkan tampilan gambar suatu jaringan tubuh dengan lebih jelas. Pengertian transduser itu sendiri adalah komponen USG yang di tempelkan pada bagian tubuh yang akan diperiksa, seperti dinding perut atau dinding poros usus besar pada pemeriksaan prostat.Penemuan komputer pada pertengahan 1990-an jelas membantu dalam penerapan teknologi ini.
Proses pada gelombang ultrasonic melalui beberapa tahap yaitu yang pertama , gelombang akan diterima transduser. Kemudian gelombang tersebut akan di proses dalam komputer sehingga dalam layar monitor akan munculkan sebuah gambar. Transduser tersebut akan menghasilkan gambar dua dimensi atau menghasilkan gambar tiga dimensi.
Selain transduser, USG juga memiliki mesin USG. Mesin USG merupakan bagian dari USG yang memiliki fungsi sebagai pengolah data yang diterima dalam bentuk gelombang. Mesin USG bisa disebut juga CPUnya USG sehingga didalamnya memiliki kesamaan komponen-komponen seprti CPU dalam komputer.
Jenis pemeriksaan USG terdiri dari beberapa pilihan yaitu USG 2 dimensi (menampilkan gambar dua bidang, memanjang dan melintang) . USG 3 dimensi (gambar yang ditampilkan mirip aslinya karena ada tambahan 1 bidan koronl), USG 4 dimensi (live 3D) dan ada USG dipolar (mengutamakan pengukuran aliran darah terutama tali pusat).
Cara pemeriksaan USG terdiri dari 2 cara, yaitu:
1.     Pervaginan
a.     Memasukan probe UAG transvaginal (melakukan pemeriksaaan dalam);
b.     Dilakukan pada kehamilan dibawah 8 minggu;
c.      Daya tembus 8-10 cmdengan resolusi tinggi;
d.     Tidak menyebabkan keguguran.
2.     Perabdominan
a.     Probe USG diatas perut;
b.     Dilakukan pada kehamilan usia lebih dari 12 minggu;
c.      Karena diletakan diataas peru sehingga daya tembusnya akan melewati otot perut, lemak baru menembus rahim.
Dalam pemakaiannya USG tidak menghasilkan radiasi sehingga sangat aman untuk menunjang pemerikasaan pada ibu hamil. Ketepatan/akurasi pemeriksaan USG tidak 100% akurat, hanya 80%.
Ultrasonography adalah salah satu dari produk teknologi medical imaging. Medical imaging (MI) adalah salah satu teknik yang digunakan untuk mencitrakan bagian dalam organ atau suatu jaringan sel pada tubuh tanpa membuat sayatan atau lukadan hasil dari interksi itu sendiri diproses dan di rekonstruksi menjadi citra.
Melihat bagaimana cara kerja dari USG membuktikan bahwa teknologi memberikn pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan manusia terutama dalam aspek dunia kedokteran.

Diperoleh dari ssumber:

.

0 komentar:

Posting Komentar

Search This Blog

Pinterest Gallery

featured Slider

Instagram Shots


Tweet Tweet

Like us


Sponsor