PIL Digital






Di era globalisasi seperti sekarang ini banyak teknlogi yang dirancang untuk membantu manusia dalam bidang kedokteran. Banyak keajaiban-keajaiban yang telah terjadi pada  era globalisasi ini yang menyangkut teknologi dalam dunia kesehatan ataupun kedokteran. Hal tersebut dianggap mustahil pada beberapa tahun lalu, namun pada saat ini hal tersebut telah ada dan bisa membuktikan bahwa teknologi saat ini benar-benar canggih dan bisa dihandalkan. Walaupun alat-alat tersebut sangat canggih dan bisa dihandalkan dalam pemanfaatannya, masih banyak yang tidak menyetujui adanya teknologi-teknologi tersebut, meskipun begitu tidak sedikit pula yang sangat pro terhadap teknologi-teknologi tersebut karena teknologi tersebut bisa mengubah cara hidup dan kegiatan manusia yang awalnya sangat terbatas dengan teknologi dalam bidang ilmu kesehatan ataupun kedokteran.

Pil digital adalah pil pintar yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia untuk mendeteksi kondisi kesehatan seorang pasien. Pil digital ini dikembangkan oleh sebuah tim peneliti asal asinggris. Cara penggunaan pil digital ini yang pertama adalah menanam microchip ke dalam tubuh manusia kemudian ditekan dan dari microchip yang tertanam akan menampilkan informasi yang ditampilkan melalui perangkat mobile seperti ponsel atau tablet dengan bantuan aplikasi tertentu. Pil ini akan memancarkan sinyal listrik kecil untuk berkomunikasi. Sinyal listrik itu akan ditransmisikan menuju kulit yang kemudian melaporkan hasilnya secara realtime menuju penyedia layanan kesehatan ataupun dokter.
Manfaat dari pil digital salah satunya adalah memudahkan dokter untuk menganalisa penyakit yang diderita pasien. Dengan pil digital ini semuanya bisa menjadi mudah. Pil digital ini merupakan pengembangan dari TELEMEDICINE.Telemedicine itu sendiri adalah penggunaan telekomunikasi dan teknologi  informasi dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan klinis di kejauhan.  Karena pil digital menggunakan alat telekomunikasi berupa mobile seperti ponsel atau tablet dengan aplikasi tertentu, maka jelaslah bahwa pil digital adalah teknologi dari pengmebangan telemedicine.
Selain itu juga manfaat dari pil digital ini adalah memastikan para pasien meminum obat mereka sesuai dengan ptunjuk dokter atau tidak. Pil digital ini adalah teknologi terobosan baru yang pertama di antara obat-obatan digital terbaru yang menggabungkan obat resep dengan teknologi sensor.Sebuah aplikasi, yang dikembangkan perusahaan teknologi  kesehatan California bernama Proteus, digunakan untuk mendeteksi pil dan memastikan bahwa pil tersebut ditelan oleh pasien. Jika pasien gagal mengonsumsi obatnya, aplikasi tersebut akan memberitahukan kepada dokter.
Setiap teknologi pasti ada keuntungan serta kerugian ataupun efek samping bagi penggunanya, tetapi pil digital ini tidak memiliki efek samping kepada pengguna pil tersebut. Hal ini telah dipastikan oleh pihak peneliti karena pil digital ini terbuat dari unsur makanan. Jadi tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Walaupun terdengar seperti film fiksi ilmiah, hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil dan saat ini sudah  dibuktikan. Pada masa depan, akan lebih banyak pengembangan dari pil digital. Semoga di eraa globalisasi yang cukup canggih, atau bsa dikatakan sangat canggih ini kita sebagai konsumen bisa lebih pintar menggunakan teknologi-teknologi tersebut supaya kita tidak dibodohi dengan canggihnya teknologi saat ini.

Sumber pustaka:
googleweblight.com/?lite_url=http://www.pcplus.co.id/2015/04/fitur/teknologi-canggih-di-bidang-kedokteran-yang-bakal-ada-di-tubuh-manusia/&ei=vJf50Zz&lc=id-ID&s=1&m=198&host=www.google.co.id&ts=1473152223&sig=AKOVD65b1HRTXeLaty0lltcfHTSpNkGABw
m.merdeka.com/teknologi/pil-digital-siap-untuk-dipasarkan.html
 


0 komentar:

Posting Komentar

Search This Blog

Pinterest Gallery

featured Slider

Instagram Shots


Tweet Tweet

Like us


Sponsor